Ulfa Nurmalia lulus dengan predikat Cumlaude (IPK 3.87) di Teknik Lingkungan UII dengan masa studi 3.5 tahun (7 semester) Ulfa sendiri memilih topik Tugas Akhir “Identifikasi Permasalahan Sistem Penyediaan Air Minum di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta”

Ulfa mengakui jika awalnya kurang berminat & kurang mengerti apa itu teknik lingkungan. Namun setelah menjalani proses perkuliahan ternyata tidak diragukan lagi dan mengaku bersyukur bisa tersesat di jalan yang benar. Menurutnya jurusan teknik lingkungan itu paket komplit, karena lapangan pekerjaannya luas banget jadi kita bisa masuk ke perusahaan manapun karena hampir semua sektor akan membutuhkan sarjana teknik lingkungan.

Ketika ditanya tentang kesan selama kuliah, ulfa merasa seperti mendapatkan sebuah keluarga baru dengan suasana yang menyenangkan, hubungan sesama teman, kakak-adik angkatan, hingga dosennya pun seperti tidak ada jarak. Bahkan menurutnya tempat nongkrong terbaik di kampus itu ada di ruang jurusan, jadi jangan heran kalau ruang jurusan selalu ramai dengan mahasiswa walaupun hanya sekedar menumpang ngobrol.

Pengalaman lain selama kuliah yang berkesan menurut ulfa yaitu ketika menjadi tutor mata kuliah mekanika fluida dan satuan proses. Dari pengalaman tersebut dia belajar jika berbagi ilmu dengan sesama dapat memberikan kepuasan batin yang luar biasa terlebih ketika apa yang kita beri dapat bermanfaat dan membantu adik-adik mahasiswa TL UII.

Lalu bagaimana caranya agar bisa lulus cepat dengan prestasi akademik yang membanggakan? Ulfa mengaku tidak punya trik khusus, Kuncinya cuma 1, nggak boleh mager. Terutama saat mengerjakan TA harus bisa menahan dulu nafsu untuk main, santai, nongkrong, pokoknya janga pernah menunda-nunda. Lalu membangun chemistry yang baik dengan dosen pembimbing juga berpengaruh, agar proses bimbingan berjalan lancar & membuat semangat untuk menyelesaikan TA.