Kaliurang (UII) – Bertempat di Auditorium FTSP UII, Tanggal 27 Mei 2015, PuSPIK (Pusat Studi Perubahan Iklim dan Kebencanaan) Jurusan Teknik Lingkungan UII mengadakan Diskusi Ilmiah dengan mengangkat tema “Pemahaman Iklim untuk Tanggap Bencana di Yogyakarta” yang T Shirt Stone Island Homme Soldes bertempat di Audiotorium FTSP UII pada Rabu (27/5) dengan mengahadirkan Djoko Budiyono, S. Si, M.Si. dan Andriyas Aryo Prabowo, S. Si, M.Si dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Yogyakarta. Diskusi yang dihadiri 40 mahasiswa baik dari prodi Teknik Lingkungan maupun prodi lain seperti MIPA sangat antusias dan aktif dalam mengikuti jalannya diskusi untuk tanya jawab.

Perubahan Iklim merupakan isu yang sangat menarik dalam isu global yang terjadi karena kenaikan konsentrasi gas rumah kaca (GRK) di bumi, yang salah satunya disebabkan adanya penggunaan energi dari bahan bakar Stone Island Soldes fossil akibat aktivitas manusia (Antropogenik).

Salah satu pembicara Andriyas Aryo Prabowo, S.Si, M.Si selaku staff pos klimatologi BMKG Yogyakarta menyampaikan yang terjadi saat ini adalah varibilitas iklim yang berubah secara pelan tapi pasti, yang dalam istilah Nasional dan Internasional lebih mudah menyebut dengan perubahan Iklim atau Climate Change.

Disampaikan juga oleh Djoko Budiyono, S.Si, M.Si selaku koordinator pos klimatologi Yogyakarta, Jenis-jenis awan yaitu stabil dan labil, yang labil ini sangat berbahaya termasuk awan CB (Comulonimbus) awan yang labil akibat fenomena Meterologi yang di dalamnya terjadi turbulensi angin, jika pesawat bisa mengalami goncangan yang sangat dasyat di dalamnya bahkan bisa terjadi ledakan. Awan CB bisa menghasilkan terjadinya puting beliung, hujan es, dan petir yang dihasilkan dari reaksi pertemuan antara es dan air di dalam awan CB.

Andriyas Aryo Prabowo, S.Si, M.Si menambahkan, dalam mereduksi dampak dari perubahan Iklim ada dua upaya pemerintah yang sedang menjalankan dengan kebijakan perubahan Iklim dan kebencanaan melalui Adaptasi dan Stone Island Hoodie Soldes Mitigasi, Adaptasi sebagai proses menyesuaikan kondisi Doudoune Stone Island Soldes setempat dan Mitigasi sebagai upaya mengurangi penyebab-penyebab dari perubahan iklim.

Djoko juga menjelaskan bahwa BMKG berperan dalam hal Pra Bencana yaitu dengan memberikan data informasi terkait iklim, cuaca dan gempa, hal ini berbeda dengan BASARNAS yang tugasnya di Pasca Bencana. Sejak 2011-201, Tercatat 3 (tiga) bencana yang mendominasi daerah Yogyakarta yaitu puting beliung sebanyak 73 kejadian, tanah Stone Island Soldes longsor dengan 59 Kejadian, dan banjir dengan 31 kejadian

BMKG Yogyakarta menyambut baik hadirnya Vetement Stone Island Homme Soldes PusPIK UII dan berharap PuSPIK UII bisa mengembangkan kajian keilmuan tentang dampak perubahan iklim di berbagai sektoral dengan memilih daerah yang rawan bencana. Sementara, ketua PusPIK UII, Supriyanto, ST., M.Sc, M. Eng. Juga menyampaikan, PuSPIK mengajak mahasiswa maupun dosen bisa bekerja sama dan membuka peluang untuk melakukan studi yang terkait perubahan iklim dan kebencanaan baik itu melalui Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian. (Oleh : M. Machfudz sa’idi, Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan 2013)