Kalkulus II
Merupakan matakuliah wajib yang diberikan pada semester 2 dengan bobot 4 sks. Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan berbagai teknik dalam menyelesaikan masalah terkait dan penalaran matematis. Kalkulus 2 memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum 2013, bahwa mahasiswa mampu menguasai prinsip-prinsip matematika, sains, dan keteknikan untuk penerapannya dalam bidang teknik lingkungan, disamping itu juga urgensinya mata kuliah ini adalah karena pada umumnya permasalahan dalam bidang teknik lingkungan tidak semua bisa diselesaikan secara analitis sehingga mahasiswa perlu memahami penyelesaian secara matematik.


Fisika Dasar II
Matakuliah ini tergolong kedalam kelompok matakuliah keilmuwan dan keterampilan (MKK) diajarkan pada semester 2 dengan bobot sebesar 2 SKS. Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai konsep-konsep fisika yang penting dalam menunjang mata kuliah dasar engineering. Pada Fisika Dasar II, mahasiswa akan mendapatkan materi-materi terkait dasar-dasar kelistrikan, kemagnetan, optic, gelombang, partikel dan fisika modern.


Mikrobiologi Lingkungan
Merupakan mata kuliah wajib yang diberikan di semester 2 dengan bobot 2 sks. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman mengenai mikroorganisme terkait jenis dan karakteristiknya, metabolisme dan perkembangbiakan serta perannya di lingkungan. Materi-materi tersebut penting dalam menunjang pemahaman dan penguasaan aspek mikrobiologis dalam bidang kesehatan lingkungan serta pengolahan-pengolahan biologis baik terhadap air, air limbah, gas pencemar, sampah maupun limbah B3.


Kimia Lingkungan I
Mata kuliah ini diberikan pada semester 2 dengan bobot 2 SKS, untuk membekali mahasiswa dalam belajar di Teknik Lingkungan. Mahasiswa mengenal aspek-aspek yang berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi di lingkungan. Pembelajaran Kimia Lingkungan mendukung kompetensi di Teknik Lingkungan yaitu teori-teori yang berhubungan interaksi kimia yang terjadi di lingkungan yang meliputi tanah, air dan udara.


Mekanika Fluida I
Merupakan matakuliah wajib yang diberikan di semester 2 dengan bobot 4. Materi yang disampaikan dalam mata kuliah ini mencakup pemahaman terhadap fenomena hidrolika dalam saluran bertekanan/pipa serta konsep sistem pemompaan. Materi ini sangat penting dalam perencanaan perpipaan dan sistem pemompaan terutama untuk sistem penyediaan air minum serta perpipaan gedung (plambing).


Praktikum Fisika Dasar
Matakuliah Praktikum Fisika Dasar merupakan mata kuliah wajib yang diberikan di semester 2 dengan bobot 1 sks. Materi-materi pada mata kuliah ini menunjang pemahaman mahasiswa pada teori-teori yang diberikan pada mata kuliah Fisika Dasar I dan II melalui praktikum. Mahasiswa akan mendapatkan materi terkait bagaimanan menentukan ralat/kesalahan pada percobaan, gelombang bunyi, kalor, sifat kekentalan fluida, elektrolit dan kelembaban udara.


Praktikum Mikrobiologi Lingkungan
Matakuliah Praktikum Mikrobiologi lingkungan merupakan mata kuliah wajib yang diberikan di semester 2 dengan bobot 1 sks. Materi-materi pada mata kuliah ini menunjang pemahaman mahasiswa pada teori-teori yang diberikan pada mata kuliah Mikrobiologi Lingkungan melalui praktikum. Mahasiswa mendapatkan keterampilan dasar laboratorium mikrobiologi yaitu teknik kultivasi mikroba dan identifikasinya serta dapat menjalankan prosedur analisis parameter bakteriologis pada salah satu objek yang relevan dengan bidang teknik lingkungan yaitu air, udara, air limbah, tanah, sampah atau makanan.