Mata Kuliah Semester 3

Ilmu Kebumian
Matakuliah ilmu kebumian tergolong ke dalam mata kuliah dasar keahlian. Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa pada semester ketiga. Secara umum matakuliah Ilmu Kebumian mengajarkan dasar ilmu dan teori mengenai bumi (anatomi bumi, dinamika bumi, gunung berapi, dll) dan hal-hal yang terkait dengan bumi (bencana alam, interaksi manusia) serta lingkungan.

Statistika Lingkungan

Matakuliah Statistika Lingkungan adalah mata kuliah dasar yang bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa bagaimana mendapatkan, mengolah, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari data yang ada. Aplikasi Mata Kuliah ini terutama pada rancangan metode penelitian.

Kimia Lingkungan
Mata kuliah ini diberikan pada semester 3 dengan bobot 4 SKS merupakan kelanjutan dari Kimia Lingkungan 1, untuk membekali mahasiswa dalam belajar Teknik Lingkungan. Mahasiswa mengenal aspek-aspek yang berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi di lingkungan. Pembelajaran Kimia lingkungan mendukung kompetensi di Teknik Lingkungan yaitu teori-teori yang berhubungan interaksi kimia yang terjadi dilingkungan yang meliputi tanah, air dan udara.

Metode Numerik
Metode Numerik   merupakan mata kuliah wajib yang diberikan pada semester 2 dengan bobot 2 sks. Tujuan dari mata kuliah metode numerik adalah agar mahasiswa mampu untuk melakukan identifikasi, memformulasikan dan menyelesaikan persoalan dalam bidang teknik lingkungan dengan menggunakan model matematik. Urgensinya mata kuliah ini adalah karena pada umumnya permasalahan dalam bidang teknik lingkungan digambarkan dalam persamaan matematik yang sulit untuk diselesaikan secara analitis sehingga diperlukan penyelesaian permasalahan dengan menggunakan pendekatan metode numerik. Dalam matakuliah ini mahasiswa belajar menggunakan berbagai alternatif penyelesaian masalah matematika secara numerik, berlatih secara sistematis, menyelesaikan masalah langkah demi langkah untuk menarik kesimpulan. Oleh karena itu, setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat menggunakan pendekatan metode numerik dalam menyelesaikan permasalahn dalam teknik lingkungan. sebelum mengambil mata kuliah ini mahasiswa sudah mendapatkan pengetahuan mengenai penyelesaian persamaan differensial dan integral yang diajarkan pada kalkulus I dan kalkulus II.

Praktikum Kimia Lingkungan
Mata kuliah Praktikum Kimia Lingkungan tergolong kedalam kelompok mata kuliah keilmuwan dan keterampilan (MKKK) yang diajarkan pada semester 3 dengan bobot 1 SKS. Didalam mata kuliah ini mahasiswa dibekali dengan keterampilan untuk mempraktekkan pengambilan sampel udara dan sampah melalui kegiatan praktikum di laboratorium. Mata kuliah ini menjadi penting untuk diajarkan sebagai mata kuliah pendukung terhadap mata kuliah lainnya yaitu mata kuliah pencemaran udara dan pengelolaan sampah.

Mekanika Fluida II
Mata kuliah Mekanika Fluida II merupakan mata kuliah wajib yang diberikan di semester 3 dengan bobot 2 sks. Materi yang disampaikan dalam mata kuliah ini mencakup aspek hidrolika aliran dalam saluran terbuka yang penting dalam menunjang perencanaan sistem drainase dan sewerage serta perencanaan fasilitas lainnya yang melibatkan aliran dalam saluran terbuka. Sebelum mengambil mata kuliah Mekanika Fluida I, mahasiswa telah mengambil mata kuliah Mekanika Fluida I dan mendapatkan materi dasar yang relevan yaitu sifat zat cair, konsep tekanan dan persamaan-persamaan kontinuitas, energi dan momentum dalam hidrolika.

Praktikum Mekanika Fluida
Mata kuliah Praktikum Mekanika Fluida merupakan mata kuliah wajib yang diberikan di semester 2 dengan bobot 1 sks. Materi dalam mata kuliah ini merupakan ilmu sains dasar dan penunjang untuk Mata Kuliah Mekanika Fluida I dan II. Mahasiswa dapat mengamati langsung fenomena hidrolika pada saluran bertekanan/pipa dan saluran terbuka mencakup tipe-tipe aliran zat cair, tekanan zat cair dan kehilangan tekanan, prinsip pengukuran debit pada aliran bertekanan dan aliran terbuka.

Rekayasa Tanah
Matakuliah Rekayasa Tanah adalah mata kuliah dasar keahlian yang bertujuan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai tanah yang terkait atau penting dalam perancangan suatu bangunan maupun fasilitas bidang teknik lingkungan lainnya. Selain materi tentang karakteristik tanah, diberikan juga metode uji parameter tanah serta perekayasaan tanah untuk keperluan pembuatan suatu fasilitas tertentu.

Epidemiologi

Silakan dibagikan