MENUJU EXCELLENT TEACHING UNIVERSITY, LAB TERPADU UII SINERGIKAN PENYUSUNAN MODUL PRAKTIKUM

MENUJU EXCELLENT TEACHING UNIVERSITY, LAB TERPADU UII SINERGIKAN PENYUSUNAN MODUL PRAKTIKUM

Salah satu rencana strategis yang akan diwujudkan UII hingga tahun 2018 adalah mewujudkan capaian excellent teaching university yang memiliki basis keunggulan lokal dan nilai-nilai Islami. Capaian tersebut bermakna bahwa UII mampu menjadi kampus yang memiliki kualitas pengajaran yang unggul sebagai prasyarat menuju universitas riset. Untuk mewujudkan capaian tersebut, segenap sivitas akademika UII didorong untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, mulai dari kemampuan akademis, kemampuan pengajaran, termasuk dalam penyempurnaan kualitas bahan ajar yang akan disampaikan kepada mahasiswa.

Seperti dilakukan oleh Lab Terpadu UII dengan menyelenggarakan lokakarya penyusunan modul praktikum fisika dasar dan kimia dasar terpadu bagi para pengajar di UII. Lab Terpadu UII merupakan lembaga yang memiliki otoritas dan fasilitas untuk mengintegrasikan penyelenggaraan praktikum di kedua bidang ilmu tersebut bagi segenap jurusan yang mengajarkannya di UII. Dengan diadakannya lokakarya diharapkan kualitas pengajaran ketika praktikum semakin meningkat dan penyempurnaan modul praktikum dapat menjaring Golden Goose Superstar Pas Cher berbagai masukan penting dari para pengajar praktikum.

Dikatakan oleh Rudy Syahputra, S.Si., M.Si., Ph.D selaku Kepala Lab Terpadu UII bahwa keberadaan praktikum fisika dasar dan kimia dasar yang terintegrasi sangat mendukung akselerasi pembelajaran bagi para mahasiswa UII. “Berbeda dengan kampus lainnya, di UII, metodologi dan eksperimen riset telah mulai diajarkan di tahun pertama kuliah agar para mahasiswa kita lebih cepat menyerap ilmu untuk kepentingan pembelajaran berikutnya”, ungkapnya.

Selama ini, implementasi dari hal itu terbukti membuat mahasiswa menjadi lebih cepat beradaptasi mengaplikasikan ilmunya ke dalam bidang terapan seperti program kreativitas mahasiswa. Selain itu, ia menilai sudah waktunya UII untuk menyempurnakan modul praktikum yang ada agar materi di Golden Goose Running Pas Cher dalamnya dapat mengikuti perkembangan keilmuan yang semakin cepat berkembang. “Pembaruan dan revitalisasi modul praktikum penting agar memenuhi kriteria excellent teaching university”, tambahnya.

Sementara Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc berharap keberadaan lab terpadu di UII dapat lebih dimaksimalkan untuk kemanfaatan sivitas akademika UII dari berbagai prodi yang memiliki kesamaan rumpun ilmu. “Ke depan saya juga membayangkan modul praktikum yang disempurnakan tidak hanya mencakup fisika dasar atau kimia dasar saja, namun juga ilmu-ilmu lainnya”, katanya.

Salah seorang Golden Goose Superstar Homme pembicara dalam lokakarya ini, Golden Goose Superstar Soldes Yusraini D.I.S., M.Si dalam paparannya menyampaikan pembelajaran di laboratorium memang merupakan proses pembelajaran termahal di antara proses lainnya. “Pengembangan materi praktikum diperlukan untuk memenuhi tuntutan zaman dan mutlak untuk mendukung pengembangan universitas menjadi universitas riset. Di dalamnya dapat Golden Goose Homme Pas Cher diintegrasikan perkembangan mutakhir, seperti informasi riset kewirausahaan dan update perkembangan penelitian terbaru”, jelas pengajar dari UIN Golden Goose May Femme Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Silakan dibagikan