Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr. wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah yang telah memberi jalan dan kemudahan sehingga Jurnal – edisi perdana – Sains dan Teknologi Lingkungan dari Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Universitas Islam Indonesia (UII) ini bisa diterbitkan.

Terbitnya jurnal ini diawali oleh keinginan yang tinggi dari para dosen di lingkungan Jurusan Teknik Lingkungan FTSP UII untuk mempublikasikan karya-karya penelitiannya. Walau sudah banyak jurnal yang beredar di tengah masyarakat, tetapi jurnal yang bernafaskan sains dan teknologi lingkungan masih dipandang perlu untuk ditambah.

Disamping itu penerbitan jurnal ini juga diharapkan bisa meningkatkan perkembangan budaya ilmiah di lingkungan Jurusan Teknik Lingkungan FTSP UII, baik bagi dosen ataupun mahasiswanya.

Tulisan-tulisan dalam jurnal edisi perdana ini cukup beragam baik asal institusi penulisnya ataupun topiknya. Penulisnya beragam, disamping dari internal Jurusan Teknik Lingkungan sendiri, juga berasal dari eksternal UII seperti tiga tulisan dari UGM, bahkan ada dua tulisan dari Jerman yakni dari Universitas Karlsruhe dan lembaga riset FZK. Hal ini menunjukkan bahwa jurnal ini bersifat terbuka bagi siapapun yang berkeinginan untuk ikut mempublikasikan karya ilmiahnnya, tentu saja sesuai dengan standard yang disyaratkan.

Permasalahan lingkungan adalah kompleks yang penanganannya membutuhkan pendekatan dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal ini akan lebih fokus pada sains dan teknologinya. Oleh karena itu nama Sains dan Teknologi Lingkungan sengaja dipilih dengan maksud bahwa jurnal ini siap mempublikasikan tulisan ilmiah yang berhubungan dengan keilmuan dan teknologi lingkungan yang diharapkan bisa ikut berkontribusi terhadap penanganan pada permasalahan lingkungan. Edisi perdana jurnal ini disadari masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu saran dan kritik dari para pembaca sangat dinanti untuk dijadikan sebagai bahan perbaikan sehingga edisi selanjutnya diharapkan akan lebih baik, insyaAllah.

Semoga jurnal ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca khususnya dan ingkungan secara umum. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.
Redaksi