Kuliah Lapangan Teknik Lingkungan FTSP UII 2015

Kuliah Lapangan Teknik Lingkungan FTSP UII 2015

Kuliah lapangan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan perkuliahan di kelas. Saat di dalam kelas, mahasiswa dikenalkan dengan berbagai teori.Tentunya menjadi sangat lengkap jika mahasiswa dapat melihat langsung aplikasi teori yang terdapat di lapangan. Untuk mendorong hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) UII bekerjasama dengan Program Studi Teknik Lingkungan UII menggelar kuliah lapangan yang dilakukan dengan kunjungan keberbagai perusahaan, instansi, serta lembaga – lembaga yang terkait dengan bidang Teknik Lingkungan untuk melihat langsung aplikasi dan teknologi yang diimplementasikan di tempat – tempat tersebut.

Kegiatan kuliah lapangan yang bertemakan “Expand your Skill and Experience” ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan diri serta menambah ilmu pengetahuan mahasiswa mengenai teknologi yang dapat di terapkan pada suatu pengolahan tertentu sesuai dengan fungsi dari unit – unit pengolahan tersebut dan pengalaman mahasiswa selama mengikuti kegiatan kuliah lapangan yang tentunya akan sangat bermanfaat. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang mahasiswa teknik lingkungan yang mayoritasnya adalah angkatan 2012 beserta 1 orang dosen pembimbing Prodi Teknik Lingkungan. Kuliah Lapangan 2015 ini berlangsung selama 6 hari 5 malam (16 – 21 Maret 2015) dengan tujuan SURABAYA – BALI.

Di Kota SURABAYA peserta mengunjungi “PT. Surabaya Industri Estate Rungkut (Persero)” untuk mempelajari sistem pengolahan air limbah industry Kota SURABAYA. Selanjutnya, peserta mengunjungi salah satu Universitas di Kota SURABAYA yaitu “Institut Teknologi Surabaya (ITS)” dengan tujuan untuk melakukan studi banding dan menjalin silaturahmi dengan Program Studi Teknik Lingkungan ITS dan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS. Setelah selesai kunjungan di kota Surabaya, peserta Kuliah Lapangan 2015 melanjutkan kunjungan ke BALI. Setibanya di BALI peserta mengunjungi beberapa tempat, kunjungan pertama di BALI ialah “Air Ayung III Belusung Denpasar” untuk mempelajari Sistem Pengelolaan Air Minum. Setelah itu peserta mengunjungi “PT. Sinar Sosro” untuk mempelajari sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dari pabrik the dan juga melihat proses produksi dari pabrik teh tersebut yang sudah mendapatkan sertifikasi ISO 14001, serta penghargaan lainnya. Padahari terakhir kunjungan di Pulau Dewata tersebut peserta mengunjungi “Denpasar Sewerage Development Project” untuk mempelajari tentang saluran sewer serta pengelolaan air limbah domestik di Kota BALI. Selanjutnya peserta menuju kelokasi kunjungan terakhir yaitu “Lagoon BTDC” untuk mempelajari sistem pengolahan air limbah perhotelan di daerah Nusa Dua BALI.

Kuliah Lapangan ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi mahasiswa khususnya Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII untuk menambah wawasan pengetahuan akademis mereka sebelum nantinya mahasiswa terjun ke dunia kerja. Peserta juga mengharapkan kegiatan Kuliah Lapangan ini untuk terus dilaksanakan setiap tahunnya karena selain menambah wawasan ilmu pengetahuan, teknologi serta pengalaman bagi peserta. Selain itu peserta juga berkesempatan untuk bias mempelajari kebudayaan dan kearifan lokal yang ada didaerah lain.

Silakan dibagikan