(Sumbawa Barat Post) Pada umumnya masyarakat Indonesia tidak ingin mengetahui hal – hal di sekelilingnya dan sering mengabaikannya, contoh saja air cucian beras, air cucian beras dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.  Sebelumnya mari kita cari tahu beras itu apa? Beras, dalam pengertian sehari – hari yang dimaksud beras adalah gabah yang bagian kulitnya sudah dibuang dengan cara digiling dan disosoh menggunakan alat pengupas dan penggiling (huller) serta penyosoh (polisher), mari kita flash back lebih dalam bagaimana proses sebelum menjadi beras alias masih padi.

Tanaman padi dapat hidup baik didaerah yang berhawa panas dan banyak mengandung uap air. Curah hujan yang baik rata-rata 200 mm per bulan atau lebih, dengan distribusi selama 4 bulan, curah hujan yang dikehendaki per tahun sekitar 1500 -2000 mm. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi 23 °C. Tinggi tempat yang cocok untuk tanaman padi berkisar antara 0 -1500 m dpl. Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah tanah sawah yang kandungan fraksi pasir, debu dan lempung dalam perbandingan tertentu dengan diperlukan air dalam jumlah yang cukup. Padi dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang ketebalan lapisan atasnya antara 18 -22 cm dengan pH antara 4 -7 dan tentunya Padi dibudidayakan dengan tujuan mendapatkan hasil yang setinggi-tinginya dengan kualitas sebaik mungkin, untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan maka, tanaman padi yang akan ditanam harus sehat dan subur. Tanaman padi  yang sehat ialah tanaman yang tidak terserang oleh hama dan penyakit, tidak mengalami defisiensi hara, baik unsur hara yang diperlukan dalam jumlah besar maupun dalam jumlah kecil, mengingat tanaman padi yang sehat ialah tanaman yang tidak terserang oleh hama dan penyakit tentunya para petani sekarang menggunakan pestisida untuk mendapatkan hal tersebut.

Memang kita akui, pestisida banyak memberi manfaat dan keuntungan. Diantaranya, ampuh menurunkan populasi jasad penganggu tanaman dengan periode pengendalian yang lebih panjang, mudah dan praktis cara penggunaannya, mudah diproduksi secara besar-besaran serta mudah diangkut dan disimpan. Manfaat yang lain,  secara ekonomi  penggunaan pestisida relatif menguntungkan. Namun, bukan berarti penggunaan pestisida tidak menimbulkan dampak buruk. Akhir-akhir ini disadari bahwa pemakaian pestisida, khususnya pestisida sintetis ibarat pisau bermata dua. Dibalik manfaatnya yang besar bagi peningkatan produksi pertanian, terselubung bahaya yang mengerikan. Tak bisa dipungkiri, bahaya  pestisida semakin nyata dirasakan masyarakat, terlebih akibat penggunaan pestisida yang tidak bijaksana. Kerugian berupa timbulnya dampak buruk penggunaan pestisida, dapat dikelompokkan atas 3 bagian : (1). Pestisida berpengaruh negatip terhadap kesehatan manusia, (2). Pestisida berpengaruh buruk terhadap kualitas lingkungan, dan (3). Pestisida meningkatkan perkembangan populasi jasad penganggu tanaman.

Karena 3 hal tersebut kita harus dapat memanfaatkan beras semaksimal mungkin selain untuk ditanak menjadi nasi untuk dimakan dengan cara memanfaatkan air cucian berasnya. Air cucian beras dapat dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman, ya memang cukup banyak bahan penyubur tanaman alternatif yang telah digunakan secara turun temurun yang terbukti manjur secara empiris. Tanpa disertai penjelasan pasti tentang kandungan zat ampuhnya, tanaman bisa tumbuh naik. Salah satu bahan yang akrab kita jumpai dan dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman  adalah air cucian beras, Kenapa air cucian beras bisa menaikkan performa tanaman? Adapun penjelas logis dan ilmiah mengenai hal ini adalah karena air cucian beras mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat bisa jadi perantara terbentuknya hormon auksin dan giberelin. Dua jenis bahan yang banyak digunakan dalam zat perangsang tumbuh (ZPT) buatan.

Auksi bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan pucuk dan kemunculan tunas baru sedangkan giberelin berguna untuk merangsang pertumbuhan akar. Aplikasi air cucian beras cukup dengan menyiramnya ke media tanam misal tanah dan air cucian beras banyak mengandung vitamin B1 yang berasal dari kulit ari beras yang ikut hanyut dalam proses pencuciannya, dimana vitamin B1 merupakan unsur horman  (fitohormon) dan hormone tersebut dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman maka dari itu Vitamin B1 ini berguna dalam mobilisasi karbohidrat hingga bagus untuk tanaman yang baru replanting. Sementara itu ada yang mengatakan bahwa vitamin ini membantu perakaran. Vitamin B1 akan membantu perakaran selama bersama dengan auksin. Pada tissue culture, vitamin B1 tanpa auksin tidak berpengaruh pada perakaran, sedangkan B1 dan auksin memberikan pengaruh yang lebih besar dibanding hanya auksin saja karna itu Air limbah cucian beras merupakan bahan organik yang banyak dan belum dimanfaatkan, berpotensi untuk dijadikan pupuk organik. Selain mudah didapat dan murah, mudah cara pembuatannya, tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan. Oh, ya baru ingat pupuk air limbah cucian beras mempunyai kandungan unsur hara P dan N yang cukup tinggi, yang dibutuhkan tanaman. Saat ini sudah dimulai penelitian untuk memanfaatkan pupuk air limbah cucian beras pada tanaman hortikultura, yaitu tanaman hias anggrek dan sayur-sayuran, seperti bayam dan selada, yang secara umum hasilnya menyatakan bahwa pupuk air limbah cucian beras dapat menggantikan pupuk kimia, sehingga pupuk air limbah cucian beras mempunyai peluang yang besar untuk dikembangkan.

Selain hal tersebut air cucian beras yang terbuang sia-sia ternyata masih bernilai ekonomis dan berpotensi mendatangkan keuntungan. Hal ini didasari pemikiran bahwa air cucian beras memenuhi syarat untuk pertumbuhan bakteri Acetobacter Xylinum, yaitu terdapat kandungan gula dan karbohidrat. Prinsip utama suatu bahan pangan dapat diolah menjadi nata adalah adanya kandungan karbohidrat yang cukup memadai dalam bahan tersebut. Nata merupakan selulosa yang dibentuk oleh bakteri Acetobacter xylinum. Serat yang ada di dalam nata sangat dibutuhkan dalam proses fisiologi bahkan dapat membantu penderita diabetes dan memperlancar penyerapan makanan dalam tubuh. Oleh karenanya produk ini dapat dipakai sebagai sumber makanan berkalori rendah untuk keperluan diet karna beras memenuhi syarat menjadi makanan pokok jika dilihat dari zat gizi yang dikandungnya.

Karbohidrat adalah komposisi zat gizi yang dominan yang terdapat pada beras dan beberapa makanan pokok lainnya. Pada beras pecah kulit, kandungan itu mencapai 76% sedangkan kandungan proteinnya mencapai 8% dan dari Kebiasaan para ibu rumah tangga mencuci beras dengan tujuan membersihkan beras dari kotoran. Namun yang mengejutkan adalah pencucian tersebut dilakukan sampai benar-benar “bersih” dimana pencucian dilakukan sampai air cucian beras berwarna putih susu, hal itu berarti bahwa protein dan vitamin B yang banyak terdapat juga ikut terkikis. Vitamin B1 atau Thiamin berguna dalam pertumbuhan juga diperlukan dalam pembakaran karbohidrat untuk mendapat kalori, semakin banyak kebutuhan kalori semakin banyak pula kebutuhan vitamin B1. Vitamin B1 membantu dalam penggunaan zat makanan oleh tubuh dan mengatur pembentukan butir-butir darah. Vitamin B1 juga membantu pencegahan penyakit beriberi.

Dan ternyata Dimasa lalu ibu atau nenek kita berusaha meredakan gatal-gatal pada kulit dengan menggunakan tepung beras. ahkan air bekas cucian beras suka digunakan mereka untuk membasuh muka. eiring dengan perkembangan teknologi, beras juga mulai merambah ke dunia kecantikan. Ada beragam pilihan, mulai dari beras putih dan merah.

Apa Rahasianya?
Tepung beras mengandung tingkat pH yang relatif netral. Tak hanya beras putih, beberapa produsen kosmetik mulai menggunakan beras dan merah sebagai salah satu bahan dasar dalam proses pembuatan produk perawatan wajah. Beras hitam diyakini mengandung protein yang di sebut peptida, berfungsi sebagai antioksidan yang mampu membantu menyamarkan kerutan halus pada wajah. Sementara beras merah bisa membantu mengimbangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Maka tak heran bila beberapa kelompok masyarakat suka merendam beras untuk beberapa saat, kemudian air rendamannya sebagai ramuan untuk menghaluskan wajah dan membantu mencerahkan warna kulit.