HMTL UII Bersama PT. Environesia Global Saraya Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Panti Asuhan di Yogyakarta

HMTL UII Bersama PT. Environesia Global Saraya Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Panti Asuhan di Yogyakarta

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) UII bekerjasama dengan PT. Environesia Global Saraya melaksanakan kegiatan sosial yaitu pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Al Hakim Pakem dan Panti Asuhan Putri Nurul Yasmin Yogyakarta. Kegiatan sosial bertajuk “Greenesia” yang diadakan pada tanggal 27 Desember 2016 ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya anak-anak, agar dapat menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya. Kegiatan tersebut dilatarbelakangi keprihatinan akan kualitas lingkungan hidup saat ini yang kian memburuk sebagai akibat dari kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam mengelola lingkungan di sekitarnya.

Permasalahan sampah saat ini sudah mencapai titik nadir. Jumlah timbulan sampah terus meningkat, jenis sampah juga semakin variatif akibat perubahan pola konsumsi masyarakat. Ditambah lagi pola hidup dan budaya masyarakat yang belum memperhatikan kelestarian lingkungan. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan bentuk nyata kontribusi HMTL UII dalam mengimplementasikan salah satu Catur Dharma UII, yaitu pengabdian pada masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk upaya HMTL UII dan PT. Environesia Global Saraya dalam membantu pemerintah mewujudkan Program Indonesia Bebas Sampah 2020.

Pada kegiatan ini, HMTL UII dan PT. Environesia Global Saraya melakukan sosialisasi mengenai Green Culture (budaya cinta lingkungan) di Panti Asuhan Al Hakim Pakem dan Panti Asuhan Putri Nurul Yasmin Yogyakarta. Sosialisasi ini menjelaskan bagaimana cara menjaga kelestarian lingkungan dan manfaat yang didapatkan dari menjaga kelestarian lingkungan. Selain sosialisasi, pada kegiatan ini juga dilakukan praktik pemanfaatan sampah dengan cara sederhana sehingga menjadi barang yang berguna dan mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian bantuan untuk anak-anak yang ada di Panti Asuhan dengan harapan ilmu dan pemberian bantuan yang diberikan nantinya dapat berguna, khususnya bagi anak-anak di Panti Asuhan Al Hakim Pakem maupun Panti Asuhan Putri Nurul Yasmin Yogyakarta.

(Artikel ditulis oleh HMTL UII dengan editing seperlunya oleh Admin web.)



Silakan dibagikan