Visitasi tim asesor dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) pada tanggal 4 hingga 6 Desember 2016 lalu telah berlangsung dengan lancar. Pada hari pertama visitasi, para asesor tim ABET yang berjumlah 3 orang (1 orang sebagai team chair dan 2 orang sebagai program evaluator) memfokuskan proses penilaian terhadap fasilitas kampus, yakni sarana-prasarana yang digunakan oleh Program Studi (Prodi) Teknik Lingkungan UII. Para asesor mengunjungi Laboratorium Komputer Prodi Teknik Lingkungan, Laboratorium lainnya di Prodi Teknik Lingkungan, dari Laboratorium Kualitas Air hingga Laboratorium Rancang Bangun. Kemudian para asesor diantarkan menuju Laboratorium Terpadu UII dan Laboratorium Hidrolika. Pada akhir dari hari kedua, para asesor mengkaji dokumen-dokumen perkuliahan yang disusun sesuai ketentuan ABET.

Di hari kedua visitasi, proses penilaian berfokus kepada Sumber Daya Manusia. Pejabat prodi dan fakultas ditemui secara terpisah oleh tim asesor untuk diwawancara dan diminta penjelasan. Para dosen Prodi Teknik Lingkungan pun, baik senior maupun junior, tidak luput diwawancara oleh tim asesor. Sekelompok perwakilan mahasiswa juga ikut diwawancara. Selain itu, unit-unit administrasi kampus juga dikunjungi oleh Team Chair selagi kedua Program Evaluators mewawancarai dosen-dosen di Prodi Teknik Lingkungan. Pada sesi makan siang, ketiga asesor juga berkesempatan untuk berbincang dan menggali informasi dari alumni, user dan pihak advisory board dari Prodi Teknik Lingkungan UII.

Di hari ketiga visitasi, para asesor melakukan briefing dengan Dekan setelah rapat pribadi ketiga asesor dilakukan pada pagi hari. Sesi Exit Meeting di Ruang Sidang Teknik Sipil menutup rangkaian acara visitasi tim asesor ABET pada tanggal 6 Desember 2016. Seluruh dosen dan staf Program Studi (Prodi) Teknik Lingkungan UII disertai oleh dekan, wakil dekan serta rektor dan wakil rektor mengikuti pembacaan hasil visitasi oleh tiga asesor ABET.