Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) berkolaborasi dengan University of Rhode Island (URI) USA mengadakan sebuah kegiatan workshop bertajuk “workshop on academic writing for international journal” bertempat di ruang kuliah Magister Teknik Sipil FTSP UII Gedung Mohammad Natsir Jl.Kaliurang Km.14,5.  Workshop berlangsung dari tanggal 2-5 Agustus 2016 yang dibuka oleh Wakil Dekan FTSP UII (Setya Winarno, Ph.D) dan dipandu oleh Prof. Thomas Boving, Assoc. Prof. Nancy Karakker dan Ane Devan-Song, M.Sc dari URI.

Dekan FTSP, Dr.-Ing. Widodo Brontowiyono, M.Sc. beserta Prof. Thomas Boving dan Assoc.Prof. Nancy Karakker

Koordinator workshop, Eko Siswoyo, Ph.D, dari Program Studi Teknik Lingkungan menyampaikan bahwa workshop ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi para peserta workshop baik mahasiswa maupun dosen. Materi workshop meliputi strategi penulisan manuskrip yang meliputi semua bagian dari tulisan ilmiah, yakni introduction, materials and methods, results and discussion, conclusion, reference, abstract. Selain itu juga peserta workshop diajari cara-cara yang tepat untuk memilih target jurnal internasional yang berkualitas. Para peserta workshop tidak hanya menerima materi terkait penulisan naskah akademik untuk jurnal internasional, namun mereka juga dibimbing untuk praktik langsung menulis manuskrip hasil penelitian mereka selama empat hari saat workshop ini dilaksanakan. Tersedianya manuskrip yang siap dikirim ke suatu international journal menjadi tujuan dari kegiatan workshop ini. Para pemateri workshop dengan begitu sabar dan telaten menemani setiap peserta workshop yang membutuhkan bantuan. Hal ini menjadikan workshop ini berlangsung dengan nyaman dan lancar.

Thomas Boving memandu peserta workshop untuk menarget jurnal internasional

Eko menuturkan bahwa peserta workshop berjumlah sebanyak 35 orang, yang terdiri dari mahasiswa S1 Teknik Lingkungan UII, mahasiswa Magister Teknik Sipil UII, beberapa dosen dari Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Teknik Sipil, Prodi Kimia dan Prodi Statistik UII, mahasiswa S2 dari Prodi Fisika dan Biologi UGM,  dosen dari Fakultas Geografi UGM, serta dosen Prodi Teknik Lingkungan UPN Veteran Surabaya.

Nancy Karakker memandu peserta workshop untuk memahami literatur dengan baik

Jangan lewatkan kesempatan berikutnya untuk mendapatkan workshop yang penuh manfaat dan berkualitas seperti ini dari Prodi Teknik Lingkungan.

Sesi foto bersama setelah penutupan acara workshop tanggal 5 Agustus 2016