Laboratorium Kualitas Lingkungan (LKL) terus meningkatkan kinerja sebagai Laboratorium Penguji (LP-476 IDN) dengan mengikuti  Program Uji Profisiensi (PUP). Bertempat di Serpong, 1-2 Juni 2016, LKL bersama lebih dari 90 Laboratorium penguji Lainnya menghadiri Evaluasi Program Uji Profisiensi (PUP) 2015 dan Pertemuan Teknis PUP 2016 yang diadakan oleh Pusat Penelitian Kimia-LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

PUP atau Uji Banding Antar Laboratorium  adalah suatu program untuk melakukan evaluasi kinerja laboratorium pengujian terhadap kriteria yang telah ditetapkan sesuai kompetensinya. PUP bermanfaat untuk menyatakan kemampuan pengujian laboratorium kepada pelanggan dan untuk memenuhi persyaratan KAN (Komite Akreditasi Nasional) bagi laboratorium yang sudah terakreditasi  SNI ISO 17025:2008. PUP juga dapat membantu laboratorium untuk mendeteksi adanya penyimpangan dalam pengujian (dalam metode, peralatan dan pelaksanaan pengujian), menemukan penyebab dan cara perbaikan / koreksinya, serta sebagai salah satu sarana jaminan mutu hasil uji .

Untuk PUP 2015 LKL menguji dua komoditi yaitu Air Minum dalam Kemasan (AMDK15) dan Air Limbah Sintetis (dalam Asam) (ALS15). Untuk AMDK15 pengujian telah dilakukan untuk parameter uji As, Pb, dan Fe. Sedangkan untuk ALS15 pengujian juga telah dilaksanakan untuk parameter Zn, Ni, dan Cd. Untuk PUP 2016 LKL akan menguji komoditi Air Limbah Sintetik (ALS16) dan Larutan buffer Boraks (LBB16). ALS16 meliputi parameter uji As, Cd, Pb, dan Hg (78 peserta). Sementara itu Larutan buffer Boraks meliputi parameter uji pH.