Program Studi Teknik Lingkungan (PSTL), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) mendapat kehormatan dengan kunjungan Liasion dari Faculty of Civil Engineering, Gifu University yang bernama Associate Professor Toshiro Yamada, pada 7-8 September 2017. Kunjungan ini merupakan sebagai salah satu tahap awal untuk mempercepat proses penandatanganan kerjasama (Memorandum of Understanding (MoU) antara UII dengan Gifu University.

Selain untuk membahas program setelah pengesahan MoU, kuliah umum pun menjadi salah satu aktivitas penting dalam kunjungan ini. Prof. Yamada memberikan kuliah umum, di hadapan sekitar 250 mahasiswa yang didominasi oleh mahasiswa baru PSTL UII angkatan 2017, yang berjudul “Introduction of Japanese Drinking Water Treatment and Wastewater Management”.

Prof. yang suka makan makanan Indonesia ini memberikan uraian sejarah Jepang dalam memelihara alam, mengkonservasi air hingga pengolahannya menjadi layak pakai dan minum. Kuliah umum ini berhasil menarik minat para calon engineer lingkungan dengan banyaknya antusias para peserta yang memberikan pertanyaan seputar teknologi dan metode pengolahan air di Jepang hingga bisa langsung diminum.

Selain itu, beliau juga memberikan kuliah di kelas mata kuliah Pengelolaan Limbah Industri. Yamada sensei memberikan kuliah tentang teknologi pengolahan limbah rumah tangga yang lebih terkenal dengan nama Johkasou. Teknologi ini menggabungkan antara pengolahan anaerobik, fakultatif-aerobik dan aerobik dalam mengolah, baik limbah grey water maupun black water dari rumah tangga. Tema ini membuka pikiran mahasiswa PSTL untuk memajukan proses conventional septic tank menjadi teknologi on-site treatment yang tangguh dalam mengolah limbah rumah tangga di Indonesia.

Semoga dengan kuliah umum dan kuliah tamu ini dapat menarik minat mahasiswa PSTL dan juga memicu mereka agar kuliah lebih giat dalam menimba ilmu untuk bisa menyelesaikan permasalahan lingkungan di kemudian hari.