Dari UII untuk Masyarakat : Ubah Limbah Sekam Menjadi Energi Alternatif dan Pestisida Ramah Lingkungan

Dari UII untuk Masyarakat : Ubah Limbah Sekam Menjadi Energi Alternatif dan Pestisida Ramah Lingkungan

Berdasarkan SK Dirjen Penguatan Risbang nomor 2/E/KPT/2018 tanggal 3 Januari 2018 tentang Penerima Pendanaan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2018, salah satu proposal pengabdian masyarakat dengan judul “Peningkatan Daya Guna Limbah Sekam Padi dalam Rangka Menjaga Ketahanan Produksi Pangan” diterima sebagai penerima hibah.

 Proposal pengabdian masyarakat tersebut masuk dalam skema KKN PPM yang selanjutnya dilaksanakan sebagai salah satu program KKN di institusi Universitas Islam Indonesia. Program KKN PPM yang akan dimulai pada awal bulan Agustus 2018 ini, mengambil tema mengenai pemanfaatan limbah sekam padi menjadi produk yang bernilai tambah dengan proses pirolisis yang akan mengubahnya menjadi briket sebagai salah satu energi alternatif.

Produk samping yang dihasilkan dari pirolisis sekam padi menjadi briket yang berupa asap cair, juga dapat dimanfaatkan lebih lanjut sebagai insektisida alami. Program KKN PPM ini selanjutnya akan dilaksanakan di Desa Butuh, Purworejo, Jawa Tengah, dimana pada lokasi tersebut masih memiliki lahan pertanian yang cukup luas yang diperkirakan akan menghasilkan limbah sekam padi dalam jumlah besar untuk dapat dimanfaatkan.

Program KKN PPM yang akan dilaksanakan di Desa Butuh, Purworejo ini akan melibatkan mahasiswa KKN UII angakatan 57 dari berbagai bidang program studi yang tergabung dalam unit 310-315 untuk saling membantu dalam suksesnya pelaksanaan program di bawah arahan dosen pembimbing lapangan Lutfia Isna A, M.Sc. yang berasal dari Prodi Teknik Lingkungan, FTSP, UII dan Ady Guswady,S.H, M.H. dari Fakultas Hukum, UII.

Silakan dibagikan