LABORATORIUM ANALISIS RESIKO LINGKUNGAN

Pertambahan penduduk dan perkembangan teknologi menimbulkan dampak yang sangat signifikan yaitu meningkatnya jumlah limbah dan bervariasinya jenis polutan yang dihasilkan dan dibuang ke lingkungan yang dapat merusak ekosistem serta secara langsung dan tidak langsung akan menimbulkan dampak kesehatan bagi manusia.

RESEARCH TOPIC

poster

Di Indonesia, identifikasi bahaya yang disebabkan oleh polutan baik point source maupun non point source belum dilakukan secara optimal. Sebagian besar penelitian hanya terbatas sampai monitoring dan pengukuran besarnya konsentrasi, akan tetapi belum sampai kepada bagaimana nasib (fate) dan transportasi polutan tersebut, serta bagaimana mekanisme pajanan terhadap ekosistem dan manusia sehingga dapat diprediksi risiko yang akan diterima oleh ekosistem dan manusia untuk dapat dilakukan tindakan pencegahan yang efektif dan efisien.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka laboratorium ini memiliki lingkup kegiatan:
1. Pengumpulan informasi (data) mengenai berbagai jenis polutan baik point source maupun non point source, memetakan sumber polutan tersebut menggunakan analisis spatial (Sistem Informasi Geografis) Lingkungan.
2. Analisa dan evaluasi karakter polutan serta mekanisme sebaran, fate dan transportasi, daya tampung dan daya dukung  lingkungan menggunakan model lingkungan menggunakan misalnya metode QUAL2KW.
3. Mekanisme paparannya terhadap ekosistem dan manusia dengan pendekatan ekotoksikologi dan studi epidemiologi.
4. Kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja dan higiene industri sebagai bagian dari analisis risiko lingkungan.
5. Kegiatan penelitian yang dilakukan selain mencoba mengembangkan  metode analisis di laboratorium yang memperhitungkan faktor keselamatan peneliti dan lingkungan kerja juga ditunjang dengan software-software pendukung misalnya : OpenAir, DIVA GIS, GRASS

MEMBER

PROJECT AND PUBLICATION

Program Studi Teknik Lingkungan
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Universitas Islam Indonesia

Jl. Kaliurang km 14.4 Yogyakarta
Telp : 0274-898444
Fax : 0274-895330
Email: [email protected]