Pofil Profesional Mandiri

Profil professional mandiri merupakan peran yang diharapkan dari lulusan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia (PSTL UII) di masyarakat. Profil profesional tersebut merupakan perwujudan dari tujuan pendidikan (PEO) PSTL UII yaitu untuk mencetak Sarjana Teknik Lingkungan yang PRO IKLIM. Akronim PRO IKLIM terdiri dari atribut lulusan yang  [PRO] Profesional – Organisatoris, [IK] Kontribusi Lingkungan, [L] Longlife Learning, dan [IM] Rahmatan Lil’alamin. Profil profesional tersebut secara lengkap ditampilkan pada Gambar berikut ini: 

Prospek Kerja Lulusan

Perkembangan kondisi lingkungan global saat ini menuntut adanya tenaga profesional di bidang lingkungan, sejalan dengan tuntutan tersebut lulusan PSTL UII dengan atribut profesionalnya diharapkan dapat berkiprah untuk berkontribusi positif dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan. Bidang kompetensi dan profesi yang dapat menjadi awal karir (3 sampai 5 tahun setelah lulus) ditampilkan pada Tabel berikut ini:

Profesi Alumni

Hingga tahun 2020 PSTL UII telah mencetak lebih dari 1.300 alumni yan tersebar di seluruh penjuru di dalam dan luar negeri. Survey tracer studi alumni terbaru menunjukkan jika rerata waktu tunggu alumni PSTL UII untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya adalah 3.8 bulan. Alumni PSTL UII berkarir di banyak sector seperti Instansi Pemerintah (KLHK, PUPR, BAPPENAS, PEMDA, PDAM), Sektor Industri (Penanggung jawab IPAL, Pengendali Pencemaran, dan HSE) hingga sector jasa konsultasi dan pendidik (Dosen). Profil pekerjaan alumni PSTL UII sebagaimana ditampilkan pada Gambar berikut: