Profil Alumni

Berdasarkan  database  alumni  sejak  tahun  1999  sampai  dengan  tahun  2015 yang  telah  melakukan  update  data  alumni,  sebanyak  188  alumni  didapatkan  masih aktif dalam kontribusi ke Prodi Teknik Lingkungan. Dari data tersebut, rata-rata waktu tunggu  lulusan  untuk  memperoleh  pekerjaan  yang  pertama  sudah  sangat  baik  yaitu selama 3,8 bulan dengan mengambil sampel 3 tahun lulusan terakhir.

Sebaran Alumni TL UII per 2016

Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya adalah sekitar 86,14%. Persentase ini sudah sangat baik mengingat lahan kerja Teknik Lingkungan yang luas dengan banyaknya bidang keahlian yang difasilitasi oleh Prodi Teknik Lingkungan. Persentase kesesuaian bidang lulusan ini diperoleh dari database alumni tahun 1999 sampai dengan 2015 sebanyak 188 alumni yang telah melakukan update data.

Ikatan Alumni dibentuk di tingkat universitas dan fakultas. Adapun kepengurusan di  tingkat  fakultas  diketuai  oleh 3 ketua untuk masing-masing Prodi. Alumni secara rutin melakukan pertemuan untuk menjalin networking dan memberikan masukan kepada Prodi Teknik Lingkungan. Alumni memiliki peran yang sangat strategis bagi pengembangan Prodi Teknik Lingkungan dalam jangka panjang. Umumnya, alumni memberikan kontribusi  dalam hal pengembangan kompetensi lulusan yang diperlukan sesuai kebutuhan dunia kerja.

Berikut ini adalah beberapa bentuk partisipasi lulusan dan alumni dalam mendukung pengembangan non-akademik program studi antara lain:

  1. Sumbangan dana
    Peran  serta  Alumni  melalui  IKA  TL  UII  dalam  kegiatan  Sumbangan  Dana  sudah sangat  bagus.  Hal  ini  dapat  dilihat  dari  setiap  kegiatan  yang  dilaksanakan  oleh Himpunan  Mahasiswa,  dimana  IKA  Alumni  menjadi  Donatur  Tetap  dalam  setiap event yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan.
  2. Sumbangan dan Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik
    Keikutsertaan  alumni  dalam  menyediakan  fasilitas  untuk  perkembangan  Program Studi Teknik Lingkungan di bidang akademik berupa pemberian alat- alat penelitian kepada  Laboratorium Teknik  Lingkungan  untuk  digunakan  oleh  mahasiswa  dalam penelitian Tugas Akhir.
  3. Keterlibatan dalam kegiatan akademik
    Alumni  juga  terlibat  dalam  kegiatan  akademik  yang  dilaksanakan  oleh  Program Studi  Teknik  Lingkungan  berupa  pelaksanaan  Kuliah  Umum  yang  dilakukan  oleh alumni  secara  rutin  yaitu  minimal  satu  kali  dalam  setiap  semester.  Selain  itu, beberapa alumni saat ini telah mengabdi  sebagai  tenaga pendidik  di Program Studi Teknik Lingkungan.
  4. Pengembangan jejaring
    Penyebaran informasi  peluang pekerjaan atau lowongan pekerjaan  jejaring IKA TL UII  dengan  mahasiswa  dan  Alumni  yang  baru  lulus  dari  Program  Studi  Teknik Lingkungan dilakukan dengan menggunakan media sosial facebook, WhatsApp dan LINE.
  5. Pengabdian masyarakat
    Alumni  juga  terlibat  dalam  pengabdian  masyarakat  baik  di  lingkungan  sekitar  UII maupun  di  daerah  masing-masing  seperti  penyuluhan  lingkungan,  pemberdayaan masyarakat  dalam  pengelolaan  sampah,  pengolahan  air  bersih  dan  air  limbah, pengendalian pencemaran udara, kesehatan dan keselamatan kerja, dan lain-lain. Pengabdian  masyarakat  ini  dilakukan  alumni  sebagai  bentuk  kontribusi  alumni  ke lingkungan sekitar baik berupa profesi tetap, hobi, maupun sukarela.