Kurikulum

Kurikulum yang berlaku di Program Studi Teknik Lingkungan UII pada saat ini adalah Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 telah mengikuti ketentuan sebagaimana tercantum di dalam Kep MendikNas NOMOR 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, yang antara lain berisi:

  1. Beban studi program sarjana sekurang-kurangnya 144 (seratus empat puluh empat) SKS dan sebanyak-banyaknya 160 (seratus enam puluh) SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dan 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester setelah pendidikan menengah.
  2. Pengelompokan mata kuliah menjadi Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKPK), Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKKB), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MKPB) dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MKBB)

Secara umum, struktur kurikulum 2013 tidak banyak berubah dari kurikulum sebelumnya. Perubahan terutama dilakukan untuk dapat menyesuaikan dengan ketentuan ABET. ABET telah menetapkan kriteria spesifik untuk setiap program/bidang yang harus diakomodasi dalam kurikulum program yang mengacu pada standar ABET. Untuk Teknik Lingkungan, ABET menetapkan bahwa prodi harus menyiapkan lulusan yang menguasai matematika melalui persamaan diferensial, probababilitas dan statistik, fisika berbasis kalkulus, kimia umum, ilmu kebumian (geologi, meteorologi, ilmu tanah, yang relevan dengan bidang teknik lingkungan), mekanika fluida yang relevan dengan bidang teknik lingkungan; mampu mengenal isu-isu lingkungan terkait udara, lahan dan air dan dampaknya terhadap kesehatan lingkungan; dapat melakukan eksperimen laboratorium dan menganalisis secara kritis serta mampu menginterpretasikan data dalam lebih dari satu bidang kajian: udara, air, lahan atau kesehatan lingkungan; mempunyai kemampuan desain terkait bidang teknik lingkungan; menguasai prinsip maupun aspek praktek yang relevan dengan tujuan program; memahami konsep profesionalisme serta peran dan tanggung jawab institusi maupun organisasi swasta yang terkait dengan bidang teknik lingkungan.

Secara umum struktur Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

  • Waktu tempuh program S1                                : 8 semester
  • Jumlah SKS yang harus diambil                      : 144 SKS
  • Jumlah mata kuliah yang harus diambil      : 59 MK
  • Jumlah mata kuliah wajib                                  : 47 MK
  • Jumlah mata kuliah pilihan                               : 12 MK
  • Jumlah total mata kuliah yang tersedia        : 81 MK
  • Jumlah mata kuliah pilihan yang tersedia   : 22 MK

Kategori kelompok mata kuliah pada Kurikulum 2013 mengacu kepada ketentuan ABET, yaitu:

Kategori Pengelompokan Prosentase minimal (%) Kurikulum 2013
(%)
College level mathematics and basic science (biological, physical, chemical sciences) 25 25
Basic Engineering 37,5 28.4
Engineering Design 28.5
General studies   18.1

Kurikulum per Semester (PDF)
Peta Alur Mata Kuliah / Pohon Kurikulum (PDF)

Diagram (Indonesia Version)

 

pre-requisite-structure-of-ee-program-curriculum