Environment Engineering Department

.::. Berkat Doa dan Kerja Keras Segenap Civitas Akademika Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia, Alhamdulillah... Program Studi Teknik Lingkungan dapat memperoleh AKREDITASI A (berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 034/BAN-PT/Ak-XIV/S1/X/2011) .::.
Kegiatan Survailen Akreditasi ISO/IEC 17025:2005 Di Laboratorium Kualitas Lingkungan FTSP UII PDF Print
Written by Administrator   
Saturday, 20 August 2011
ImagePada tanggal 19 Agustus 2011, Laboratorium Kualitas Lingkungan FTSP UII menerima kunjungan asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam rangka melaksanakan kegiatan survailen. Survailen merupakan kunjungan pengawasan kepada laboratorium yang telah mendapatkan akreditasi. Kunjungan pengawasan tersebut dilakukan pada interval 12 bulan sejak diterimanya sertifikat akreditasi dan dilakukan secara rutin pada tiap tahunnya.
ImageSejak menerima keputusan akreditasi pada tanggal 7 September 2010, Laboratorium Kualitas Lingkungan FTSP UII telah mengaplikasikan secara penuh ISO/IEC 17025:2005 dalam kegiatan pelayanan pengujian. Untuk mengevaluasi penerapan sistem manajemen mutu laboratorium tersebut, maka dua asesor dari KAN yaitu Herlin Rosdiana, S.Si dan Ir. Siti Rohmah selama satu hari penuh memeriksa pelaksanaan ISO/IEC 17025:2005 baik pada persyaratan manajemen maupun teknis.  Kepala asesor yaitu Herlin Rosdiana, S.Si melakukan pemeriksaan terhadap Ir. Kasam, MT selaku Manajer Mutu  dalam pelaksanaan persyaratan manajemen mutu, sedangkan anggota asesor yaitu Ir. Siti Rohmah melakukan pemeriksaan terhadap Hudori, ST, MT selaku Manajer Teknis  dalam pelaksanaan persyaratan teknis dari ISO/IEC 17025:2005.

Beberapa temuan ketidaksesuaian diperoleh pada kegiatan survailen tersebut, namun tidak ada temuan yang masuk kategori serius. Temuan-temuan tersebut menjadi masukan yang baik bagi peningkatan kualitas pelayanan dan keakuratan data hasil pengujian yang ada di Laboratorium Kualitas Lingkungan FTSP UII.  Untuk meningkatkan layanan pengujian, pihak manajemen laboratorium juga berencana untuk menambah ruang lingkup akreditasi terutama untuk parameter udara ambient pada kegiatan survailen di tahun yang akan datang.

 
< Prev   Next >