SELAMAT DATANG

Assalamu’alaikum wr. wb.

Selamat datang di website Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia (UII). Website ini diharapkan dapat menjadi jembatan komunikasi dengan masyarakat untuk mengenal lebih dekat profil, sistem pendidikan, dan pengembangan keilmuan yang dilakukan Teknik Lingkungan UII.

Program Studi Teknik Lingkungan (PSTL) UII yang berdiri pada tanggal 22 September 1999 sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 413/DIKTI/kep/1999 telah melakukan akselerasi perkembangan institusi pendidikan dengan pesat guna menghadapi persaingan global antar perguruan tinggi maupun tuntutan sektor industri. PSTL UII telah memperoleh Akreditasi A oleh BAN PT pertama kali pada tahun 2011 (SK BAN-PT No. 034/BAN-PT/Ak-XIV/S1/X/2011). Pada 2016, PSTL UII mampu mempertahankan akreditasi A yang diperoleh dari BAN-PT (SK BAN-PT No. 2861/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016). Pada 2017, PSTL UII merayakan umur ke-18-nya dengan mendapatkan akreditasi internasional dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). Selain akreditasi perguruan tinggi, PSTL UII juga telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 dari TUV Rheinland untuk sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi serta sertifikasi laboratorium dari KAN yang menyatakan bahwa laboratorium di PSTL UII telah sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2008 untuk kategori laboratorium penguji. Hal-hal tersebut merupakan beberapa bukti bahwa pengelolaan sistem pendidikan di PSTL UII telah dilakukan sesuai dengan standar nasional (BAN-PT) maupun internasional (ABET).

Program Studi Teknik Lingkungan memiliki visi jangka panjang yang sangat kuat guna menghadapi tantangan yang akan dihadapi yaitu dengan visi:

“Mewujudkan Program Studi yang Rahmatan Lil’alamin dan unggul di bidang rekayasa lingkungan di tingkat ASEAN”.

Nilai yang terkandung dari visi tersebut yaitu Values yang merupakan penjabaran dari Rahmatan Lil’alamin (bermanfaat bagi lingkungan sekitar), Perfection yang merupakan komitmen keunggulan (pilar utama) dan Innovative yang merupakan suatu harapan bahwa lulusan Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia mampu bersaing secara global.

Pendidikan pada Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia diarahkan menuju kepada keunggulan kompetitif (competitive advantage) untuk menghasilkan profesional yang mampu mendesain, membangun, mengoperasikan dan memelihara fasilitas pengelolaan lingkungan, khususnya dalam lingkup pekerjaan penyediaan air bersih, pengelolaan persampahan, pengelolaan air limbah dan pengelolaan kualitas udara.

Semoga website ini dapat memberikan informasi yang memadai bagi Anda. Bilamana diperlukan informasi lebih lanjut, dipersilakan menghubungi kontak yang tercantum pada website ini.

Wassalamu’alaikum wr. wb.